CATAT Keuangan Anda Jika Tidak Ingin Bangkrut!

Kenapa mencatat keuangan itu sangat penting? Karena Anda hanya bisa tahu kekuatan bisnis Anda ketika Anda memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran yang rapi. Dengan pencatatan yang baik maka Anda bisa tahu keuntungan yang didapat setiap bulan dan juga pengeluaran apa saja yang tidak perlu yang bisa dipangkas.

Untuk itu ada beberapa tips bagi Anda pelaku start up yang sedang belajar melakukan pencatatan keuangan :

  1. Pastikan Anda memiliki orang keuangan yang bisa dipercaya. Jika bukan Anda sendiri yang melakukannya, maka Anda harus memilih orang yang benar-benar dapat menjaga rahasia dan bisa dipercaya.
  2. Pastikan buku keuangan atau aplikasi keuangan Anda tersimpan dengan aman.
  3. Mulai lakukan pencatatan sederhana pemasukan dan keuangan sehari-hari.
  4. Jangan lupa untuk melakukan pencatatan harta atau aset yang Anda miliki sebelumnya dan juga hutang yang Anda miliki jika Anda memulai bisnis dengan pinjaman.
  5. Pastikan setiap bulan Anda mendahulukan pembayaran kebutuhan primer yang tidak ditunda seperti gaji karyawan, biaya produksi, hutang bisnis, biaya transportasi, listrik, internet, sewa gedung, dll.
  6. Pastikan setelah Anda mengurangi dengan biaya bulanan, Anda harus bisa menyisihkan sebagian dari keuntungan untuk  tambahan modal, sehingga bisnis Anda tidak akan berjalan sama terus dari tahun ke tahun.
  7. Jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian keuntungan untuk tabungan atau investasi yang berjangka panjang, sehingga apabila ada situasi genting, maka bisnis Anda tidak langsung gulung tikar.

Demikian beberapa tips hari ini, semoga bisa membantu para pelaku start up dan umkm dalam menjalankan bisnis. Blessing.

#BahagiaItuKreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *